Tahapan Proses Kedatangan Bangsa Belanda ke Indonesia

Cornelis de Houtman memulai ekspedisi dengan membawaempat kapal dari Belanda dan tiba di Banten pada tahun 1596.Houtman membawa keuntungan yang besar sekembalinya ke Belanda.

Oleh karena itu pada tahun 1598, para pedagang Belandalain terdorong untuk pergi ke Indonesia. Belanda kembalimelakukan ekspedisi ke Indonesia, kali ini dipimpin oleh Jacobvan Neck.

Banyaknya ekspedisi menyebabkan terjadinya persaingan antarapara pedagang. Untuk menghindari persaingan di antara parapedagang itu, Belanda membentuk VOC pada tahun 1602.

a. Lahirnya VOC

Ekspedisi yang dilakukan Belanda setelah Cornelis deHoutman tidak banyak mendapat keuntungan yang besar.Hal ini disebabkan persaingan di antara para pedagangBelanda sendiri, juga dengan para pedagang Portugismaupun Inggris. Sikap Belanda yang sombong dan kasarjuga menjadi salah satu faktor penolakan rakyat yangmemicu perlawanan dari para pedagang dan masyarakat.

Faktor-faktor di atas menjadi alasan didirikannya VOC(Vereenigde Oost Indische Compagnie) pada tahun 1602.Tujuan didirikannya VOC adalah sebagai berikut:

1)   Menghilangkan persaingan yang akan merugikansesama pedagang asal Belanda.
2)   Menyatukan kekuatan untuk menghadapi saingan daribangsa Portugis dan pedagang-pedagang lainnya diIndonesia.
3)   Mencari keuntungan yang sebesar-besarnya untukmembiayai perang melawan Spanyol.

Pemerintahan Belanda di bawah pimpinan John vanOldenbarneveld memberikan hak istimewa (hak octrooy)bagi VOC, antara lain sebagai berikut:

1) Memonopoli perdagangan di Amerika Selatan danAfrika.
2) Memiliki angkatan perang, memutuskan untukberperang, membangun benteng, dan mendirikankoloni.
3) Mengangkat pegawai-pegawai, baik dari kalanganBelanda maupun pribumi.
4) Mencetak dan mengedarkan mata uang sendiri.
5) Membuat peradilan sendiri.

b. Persaingan VOC dengan Portugis, Spanyol, dan Inggris

VOC pada awal berdirinya harus menghadapi kekuatan-kekuatanlama, yaitu pedagang Portugis dan Spanyol.Pada tahun 1605 armada Belanda berhasil menghancurkanPortugis dan menguasai Ambon dengan kemenangantersebut, Belanda mendapatkan konsesi dari Hitu danmempunyai benteng yang didapatkan setelah mengalahkanPortugis, yaitu Benteng Victoria serta mengusir paramisionaris Katolik.Belanda mendapatkan saingan baru di Ambon setelahSpanyol pada tahun 1606 menduduki Ternate dan Tidore.

Pendiri VOC adalah enamperusahaan dagang Belandayang masing-masing berpusat diAmsterdam, Rotterdam, Homm,Enkhuizen, Delft, dan Middelburg.Pengurus VOC terdiri atas 17orang wakil kota satu pengurustidak tetap.Sementara itu, persaingan dengan Inggris dimulai ketikapada tahun 1604 Henry Middetton tiba di Ternate, Tidore,Ambon, dan Banda.