Ciri Khas / Karakteristik Musik Latin dan Nama Tokoh Musisinya

Secara tradisional, musik latin dimainkan oleh perkusi tradisional Kuba yang berdawai 9. Sepanjang waktu, piano telah menggantikan gitar sebagai instrumen choral (pengisi), sedangkan bass, woodwin, trompet dan trombone ditambahkan untuk memainkan melodi dan reff (pengulangan bagian lagu).

Kebanyakan musik latin adalah berdasarkan pola ritmik Kuba dan berpola ritem 3–2 (kadang 2–3). Clave juga merupakan nama untuk dua stik yang memainkan pola 3–2.

Karakteristik musik Latin yang penting adalah sebagai berikut:

a.   Clave: pola ritmik gabungan yang dimainkan dengan dua stik, sepanjang saat band bermain.
b.   Call and Response inspiraciones: pertukaran musikal antara 2 inspirasi suara, menjadi frase improvisasi oleh vokalis dan instrumentalisnya.
c.   Bajo–tumbao–bass: pola ritmik berulang untuk bassa atau konga yang berdasarkan pada clave.

Kini, musik Latin telah banyak menduduki puncak musik dunia dan diakui keuniversalannya. Musik yang mengundang tema keceriaan, pesta, dan dansa ini kian digemari. 

Bintang-bintang seperti Enrique Iglesias, Christina Aguilera, Shakira atau Carlos Santana yang gemar berkolaborasi kinipun makin menanjak membawakan musik latin mereka, sekaligus membuktikan bahwa musik Latin benar-benar salah satu style musik yang besar.