Di
sekolah anak-anak dihadapkan pada tuntutan untuk tetap bersikap teratur
berdisiplin (diam/tenang), memperhatikan petunjuk-petunjuk guru, menguasai
seluruh perangkat.
1. Strategi Penataan
Strategi
penataan berkaitan dengan rancangan menata urutan materi pembelajaran dari yang
mudah ke yang sulit, dari konkrit ke abstrak.
2. Strategi
penyampaian
Strategi
penyampaian berkaitan dengan media pembelajaran atau alat bantu pembelajaran
untuk menyampaikan materi yang telah dikemas.
3. Stategi
pengelolaan
Strategi
pengelolaan berkaitan dengan kegiatan pengelolaan kelas selama pembelajaran
dilaksanakan.
Model Pembelajaran
Seni Rupa
1. Model Terkait
Model
terkait adalah model pembelajaran terpadu yang paling sederhana karena
menekankan pada hubungan secara eksplisit tentang konsep atau prinsip,atau
pokok bahasan atau ketrampilan atau tugas,atau sikap dalam suatu bidang studi. Pada
pembelajaran SR-KT terpadu keterkaitan dalam substansial material seni.
Model
terkait dalam SR-KT terpadu dapat dimodifikasikan berdasarkan jenis matra
substansial seni.Urutan keterkaitan dan besr bobot materi masing-masing
substansial materi yang terkait.
Keunggulan
Model Terkait :
a.
Paling sederhana sehingga paling mudah di rancang dan dilaksanakan
Terjadi
interalisasi karena adanya pengembangan konsep-konsep inti secara terus-menerus
b.
Memudahkan proses transfer gagasan-gagasan dalam pemecahan masalah.
Siswa
lebih mudah dalam mendapatkan gambaran-gambaran mengenai suatu ketrampilan
tertentu.
Kelemahan
Model Terkait :
a.
Model
terkait pada intinya adalah mengaitkan antara prinsip,konsep ketrampilan dan
tugas atau sikap pada suatu bidang kajian tertentu.Hal ini menyebabkan SR-KT
tetap terpisah dan keterpaduan tidak Nampak walaupun hubungan telah dirancang
secara eksplisit dalam suatu disiplin mata kajian.
b.
Fokus
pembelajaran masih bersifat sempit karena usaha-usaha untuk memadukan
gagasan-gagasan dalam suatu bidang studi dapat membatasi usaha mengembangkan
hubungan yang lebih menyeluruh dengan bidang studi lain.
2. Model Terjala
Merupakan
pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik. Model ini menekankan
hubungan antara dua atau lebih mata pelajaran melalui tema. Pada pembelajaran
senirupa terpadu, model terjala ini dapat memadukan secara intra bidang studi
(seni music, tari) dan inter bidang studi (senirupa, music, tari, matematika,
ips, ipa dll). Keunggulan:
a.
Melalui
pendekatan tematik, pembelajaran terpadu model ini memiliki kekuatan
komprehensif yang tinggi.
b.
Membangun
motivasi siswa melalui kegiatan pemilihan dan pengembangan tema
c.
Meningkatkan
kemampuan wawasan guru tentang suatu konsep secara komprehensif
Kelemahan
:
a.
Membutuhkan
waktu yang lama dalam merancang pembelajaran
b.
Ketrampilan
seni rupa yang diperoleh siswa kurang optimal
c.
Guru
memerlukan kemampuan mengevaluasi proses dan produk pembelajaran agar
perncanaan dan pelaksanaan pembalajaran dapat tercapai secara optimal
3. Model Terpadu
Model
terpadu merupakan pembelahjaran terpadu yang menggunakan tema yang diangkat
dari adanya tumpang tindih tentang konsep ketrampilan dan sikap dalam kurikulum
yang berlaku dari berbagai mata pelajaran atau mata kajian. Keunggulan :
a.
Mampu
membangun motivasi siswa
b.
Mampu
mengembangkan aspek sikap pada dampak pengiring dalam pembelajaran
c.
Menghemat
waktu
d.
Memiliki
kekuatan komprehensif yang tinggi
Kelemahan
:
a.
Membutuhkan
kurikulum yang mengacu pada keterpaduan serta kebijakan-kebijakan pendukung
dalam system evaluasi pembelajaran
b.
Membutuhkan
waktu, tenaga dan pikiran dalam merancang model pembelajaran terpadu
c.
Model
terpadu merupakan pembelajaran terpadu yang paling rumit.