a) Meningkatkan kemampuan berkarya
Dengan adanya
pameran, karya-karya para siswa akan dilihat oleh masyarakat sehingga para
siswa dituntut untuk menghasilkan karyanya yang terbaik. Di sini akan terjadi
persaingan yang sehat dan terarah, dan hal ini menjadi pendorong bagi siswa
untuk meningkatkan kemampuannya dalam berkarya.
b) Dapat melakukan penilaian/evaluasi
Pameran
merupakan kesempatan bagi guru untuk melihat sejauh mana kemajuan yang dicapai
oleh siswanya. Pameran dapat dikatakan menjadi sarana untuk melakukan penilaian
atau evaluasi terhadap kemajuan dan perkembangan yang terjadi pada diri siswa.
Sehingga penilaian atau evaluasi ini dapat dimasukan dalam perhitungan nilai
rapor.
Penilaian juga
dilakukan oleh pihak luar sekolah seperti orang tua siswa atau masyarakat umum
yang mengunjungi pameran tersebut. Dari kesanpesan yang mereka sampaikan
tentunya dapat memberi gambaran sampai sejauh mana keberhasilan pendidikan seni
rupa di sekolah tersebut.
c) Sebagai sarana apresiasi dan hiburan
Di samping
sebagai sarana untuk melakukan penilaian atau evaluasi, kegiatan pameran dapat
dijadikan sebagai sarana apresiasi. Apresiasi di sini dapat diartikan sebagai
penikmatan, pengamatan, penghargaan, atau bisa juga penilaian terhadap
karya-karya yang ditampilkan. Penilaian yang dimaksud bukan menilai dengan
angka, melainkan suatu proses pencarian nilai-nilai seni, pemahaman isi dan
pesan dari karya seni, dan melakukan juga perbandingan-perbandingan terhadap
karya seni sehingga nantinya akan didapat sebuah penilaian yang utuh dan
komprehensif.
Dalam arti yang
luas, kegiatan pameran dapat juga diartikan sebagai sarana untuk mendapatkan
hiburan. Di sini masyarakat dapat merasakan kesenangan atau empati, merasakan
suka duka seperti layaknya menonton film atau menyaksikan pertunjukkan musik
dan seni lainnya.
d) Melatih siswa untuk bermasyarakat
Melaksanakan
kegiatan pameran bukanlah kerja perorangan, melainkan kerja kelompok yang
melibatkan banyak orang. Jadi, dengan mengadakan pameran seni rupa di sekolah,
mendidik para siswa untuk bermasyarakat. Di sini para siswa dapat bekerja sama
satu sama lain, melatih untuk menghargai pendapat orang lain, dan dapat pula
memberi pendpat terhadap tim kerjanya.