Ciri Khas / Karakteristik Musik Rock And Roll dan Nama Tokoh Musisinya

Perangkat alat musik keyboard sering dimainkan sebagai alat musik tambahan. Apabila dimainkan dengan dua gitar listrik, gitar listrik yang dimainkan untuk memberi melodi disebut lead.

Adapun gitar yang memainkan ritme dan harmoni disebut gitar ritme. Saksofon sering dijadikan instrumen melodi pada gaya rock and roll awal tahun 1950-an. Di pertengahan tahun 1950-an, saksofon diganti peranannya oleh gitar listrik.

Salah satu cikal bakal rock and roll adalah musik boogie-woogie dengan piano sebagai melodi, seperti permainan musik
berbagai kelompok big-band yang mendominasi dunia musik Amerika dekade 1940-an. Kepopuleran musik rock and roll secara mendunia menimbulkan dampak sosial yang tidak terduga.

Rock and roll bukan saja memengaruhi gaya bermusik, tetapi sekaligus gaya hidup, gaya berpakaian, dan bahasa. Selain sukses di dunia musik, bintangbintang pada periode awal rock and roll juga sukses di dunia film dan televisi, misalnya Elvis Prisley. 

Selain Elvis Presley, muncul juga group musik rock and roll dari Inggris, yaitu The Beatles; dari Britania Raya, seperti Black Sabbath, Led Zepllelin, The Rolling Stones, The Who, Pink Floyd, dan Queen.