.. Mampu menarikan
Bagian Maju Beksan (Gend.Bendrong Laras Pelog Pathet Nem)
.. Mampu menarikan
Bagian Maju Gawang (Gend.Laiwung Laras Pelog Pathet Nem)
.. Mampu Menarikan
Bagian Beksan (Gend.Pucung Rubuh Laras Pelog Pathet Nem)(Gend.Bendrang Laras
Pelog Pathet Nem)
x Mampu menarikan
Bagian Kiprahan (Gend.Bendrong Laras Pelog Pathet Nem)
.. Mampu menarikan
Bagian Gambyongan (Gend. Eling-Eling Laras Pelog Pathet Nem)
.. Mampu menarikan
Bagian Mundur Gawangn (Sampak Laras Pelog Pathet Nem)
x Tari Klana Topeng
adalah tari tunggal putra gagah yang memerankan tokoh Klana Sewandana yang
menggunakan
poperti topeng
memiliki ragam gerak sangat kaya, juga berbagai variasi suasana, termasuk
karawtian tarinya. Pada tingkat ini berkaitan dengan penguasaan Hastha Sawanda
serta memenuhi konsep sengguh, mungguh, dan lungguh
3.4 Kriteria Unjuk
Kerja :
(1) Dihayati dan
dijiwainya pola-pola gerak
x jengkeng
x nikelwarti
x sembahan
(2) Dihayati dan
dijiwainya pola-pola gerak
x ambil topeng,
berdiri, memaki topeng, pacak jangga
x ulap-ulap kiri,
trecet, obah bahu, pacak jangga
x lumaksana 4x,
besut, tanjak miring kanan
x seblak sampur
kiri ulap-ulap kiri
x glebag kanan
kebyok sampur kanan, kiri kebyok
x ulap-ulap kiri,
trecet, obah bahu, pacak jangga
x lumaksana ombak
banyu, srisig, besut, tanjak kanan
(3) Dihayati dan
dijiwainya pola-pola gerak :
.. kedua tangan
malangkerik, ogek lambung
x ukel miwir
busana, genjot
x mlintir brengos
3x, ngracik, genjot, tanjak kanan
x lumaksana 3x,
besut, tanjak
x ogek lambung,
genjot
x sabetan,
pondhongan, besut, tanjak
x lumaksana
malangkerik
x pondhongan,
besut, menthang kiri
x ogekan, besut,
lumaksana
x besut, tanjak
bapang, kebat nogowangsul
x bopongan,
lumaksana jajag, ombak banyu, besut, tanjak
(4) Dihayati dan
dijiwainya pola-pola gerak :
x ogek lambung,
ngigel jangga, entragan
x trap jamang,
lombo ngracik, entragan
x ngelus bara,
entragan
x tumpang tali,
ngracik, entragan
x ngracut,
ulap-ulap kanan, pondhongan maju, srisig mundur, besut tancep
(5) Dihayati dan
dijiwainya pola-pola gerak :
x Kengser, panggel,
batangan
x Ogekan lambung,
tawing, kengser ukel karna
x Laku telu, nacah
x Kebyok, srisig,
tanjak
x Entragan kanan,
ulap-ulap kiri, nubruk
x Lampah mundur,
besut tanjak, entragan
x Pondhongan maju,
mundur, besut, tancep
(6) Dihayati dan
dijiwainya pola-pola gerak :
x Kirig, capeng,
cancut
x Ombak banyu,
srisig, besut tanjak
x Nikelwarti,
jengkeng
x Sembahan, gedheg
Persyaratan Unjuk
Kerja:
x Tersedianya arena
pentas atau ruangan yang digunakan untuk menari
x Tersedianya
gendhing iringan tari yang digunakan, baik rekaman kaset atau CD atau penyajian
gamelan secara
langsung (live)
x Tersedianya
peralatan yang penting yaitu: topeng dengan bantuk tertentu sesuai dengan
karakter perannya
x Tersedianya dan
dipakainya busana dan rias Tari Klana Topeng untuk mendukung karakter tari yang
disajikan
Acuan Penilaian :
x Ketepatan
melakukan teknik-teknik gerak, baik teknik gerak tubuh, tungkai, kaki, tangan
dan kepala
x Ketepatan
melakukan teknik gerak kaki untuk perlaihan gerak dan berpindah tempat
x Ketepatan
melakukan arah pandangan mata (polatan)
x Harmonisasi antara
gerak penari dengan iringan musik
x Keluwesan gerak
yang dilakukan secara mengalir dan alus
x Pengembangan
variasi gerak sebagai ekspresi diri penari yang sesuai dengan karakter yang
diperagakan
x Penguasan
terhadap irama gerak dengan iringan atau karawatian tari
.. Penguasaan
melakukan seleh gerak sesuai dengan seleh gendhing
x Memiliki
kemampuan dalam menggarap ruang, pola lantai, dan gawang sehingga pertunjukan
tarinya terasa lebih hidup
x Memiliki
kemampuan menginterpretasikan karakter tari yang disajikan dan menerapkannya
dalam pertunjukan tari
x Menjiwai secara
menyeluruh karakter tari yang disajikan