Rien
(1999:1) mengemukakan tentang pendapat para pakar pendidikan yang menyatakan
bahwa seni musik mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan seorang siswa.
Siswa
yang berpartisipasi dalam kegiatan seni musik, selain dapat mengembangkan
kreativitas, musik juga dapat membantu perkembangan individu, mengembangkan
sensitivitas, membangun rasa keindahan, mengungkapkan ekspresi, memberikan
tantangan, melatih disiplin dan mengenalkan siswa pada sejarah budaya bangsa
mereka.
Pendidikan
seni musik juga berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi, keseriusan, kepekaan
terhadap lingkungan. Untuk menyanyikan atau memainkan musik yang indah,
diperlukan konsentrasi penuh, keseriusan, dan kepekaan rasa mereka terhadap
tema lagu atau musik yang dimainkan. Sehingga pesan yang terdapat pada lagu
atau musik bisa tersampaikan dan diterima oleh pendengar.
Berdasarkan
beberapa pandangan tentang fungsi pendidikan seni musik bagi siswa yang sejalan
dengan pendekatan “Belajar dengan Seni, Belajar Melalui Seni, dan Belajar
tentang Seni”, berikut ini dikemukakan secara urut fungsi pendidikan seni musik
sebagai sarana atau media ekspresi, komunikasi, bermain, pengembangan bakat,
dan kreativitas.
a. Pendidikan seni
musik sebagai sarana/media ekspresi
Ekspresi
merupakan ungkapan atau pernyataan seseorang. Perasaan dapat berupa sedih,
gembira, risau, marah, menyeramkan atau sesuai dengan masalah yang dihadapi.
Fungsi ini memungkinkan untuk mengeksplorasi ekpresi siswa dalam memunculkan
karya-karya baru.
b. Pendidikan seni
musik sebagai media komunikasi
Ekspresi
yang dieksplorasikan akan dikomunikasikan kepada orang lain. Artinya
karya-karya seni musik yang dialami siswa dikomunikasikan sehingga pesan yang
terdapat dalam karya tersebut bisa tersampaikan pada orang lain.
c. Pendidikan seni
musik sebagai sarana bermain
Bermain
merupakan dunia anak-anak. Anak-anak memerlukan kegiatan yang bersifat
rekreatif yang menyenangkan bagi pertumbuhan jiwanya. Bermain sekaligus
memberikan kegiatan penyeimbang dan penyelaras atas perkembangan individu anak
secara pisik dan psikis.
d. Pendidikan seni sebagai
media pengembangan bakat
Setiap
siswa memiliki potensi di bidang seni musik yang luar biasa. Pendidikan seni
musik di tekankan untuk memberikan pemupukan yang terus menerus sehingga
diperlukan upaya efektif untuk menumbuhkan bakat siswa.
e. Pendidikan seni
sebagai media kreativitas
Kreatif
merupakan sifat yang dilekatkan pada diri manusia yang dikaitkan dengan kemampuan atau daya untuk menciptakan.
Sifat kreatifitas ini senantiasa diperlukan untuk mengiringi tingkah laku
manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya.