Komponen multimedia berupa teks, grafik,
audio, video, animasi. Keberadaan teks dalam media harus memiliki arti baik
berupa kata maupun kalimat. Jadi kejelasan arti dan kepadatan kata menjadi
pertimbangan utama pemakaian teks.
Gambar dibedakan menjadi dua, yaitu
bitmap dan vektor. Gambar bitmap adalah obyek gambar yang dibentuk berdasarkan
titik-titik dan kombinasi warna. Gambar vektor adalah obyek gambar yang
dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan metode
matematis.
Teknologi audio juga berperan penting
dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka
hasilnya tidak lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa
suara musik, suara dari voice record dan efek-efek suara lain.
Video terdiri dari full-motion dan
life-video. Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video
clip, sedangkan live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari
kamera.
Pemakaian unsur animasi di dalam sebuah
aplikasi multimedia menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat
menampilkan sesuatu yang imajinatif dan mustahil dalam kehidupan yang
sebenarnya tetapi dapat divisualisasikan secara meyakinkan dalam animasi.
Animasi bisa membantu memperagakan suatu
model, memperagakan metode, menunjukkan sesuatu yang aktif dan hidup pada media
yang menampilkannya.