Multimedia dapat digunakan pada semua
bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat
pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan
setiap orang.
Contoh paling dekat adalah televisi,
radio, handphone dan komputer. Penerapan multimedia menurut Vaughan, dalam
kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
1) Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi
presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog,
instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference,
yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat
yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan
dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2) Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini
mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan
interaktif, sehingga proses belajar mengajar tidak terlalu monoton seperti
selama ini yang dilakukan disekolah-sekolah pada umumnya.
Contohnya seperti aplikasi multimedia
untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Aplikasi tersebut dapat
disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat
membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
3) Rumah
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat
beranekaragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai
alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan
televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation,
x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen
multimedia.
4) Tempat umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum
dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat
perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut
dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat
yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan
letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan
wilayah kios informasi tersebut.