Pimpinan
Kerumahtanggaan dalam suatu produksi karya seni pertunjukan merupakan salah
staf yang bertugas mengemban pelayanan publik serta bertanggung jawab kepada
pimpinan produksi dalam layanan staf dan layanan publik. Pelayanan ditujukan
kepada seluruh staf produksi yang bekerja menyelenggarakan produksi seni
pertunjukan.
Layanan kepada
publik diberikan dalam hubungan pemberian servis kepada penonton mulai dari
pembelian karcis, pelayanan gedung, hingga kenyamanan yang absurd bagi penonton
agar penonton merasa dihargai dan dihormati secara tepat. Tugas pelayanan
publik dilakukan mulai dari kenyamanan menjamu penonton, pelayanan/seles servis
pemesanan karcis, hingga suasana pementasan agar berjalan lancar dan nyaman
menjadi bagian tugas yang harus diciptakan.
Kondisi pelayanan
sejak awal pertunjukan, istirahat, hingga akhir pementasan menjadi kordinasi
seksi kerumahtanggaan di dalam gedung dan di luar gedung artinya, kompleks
pertunjukan harus bersih keributan, suasana yang menjadi kekuatan emosi
penonton untuk menikmati pertunjukan secara antusia, empati, dan simpati serta
nyaman.
Pelayanan kepada
staf produksi dalam bentuk memberikan kesejahteraan berupa layanan konsumsi
sejak penyelenggaraan produksi mulai dari rapat pertama, pelatihan, gladi
kotor, gladi bersih, pementasan/pertunjukan hingga acara pembubaran produksi.
Layanan tersebut terkait dalam bentuk kesejahteraan dan pemenuhan konsumsi
secara rutin acara kegiatan berlangsung.
Hak dan kewajiban
kepala kerumahtanggaan adalah berkonsultasi kepada pimpinan produksi dan
pimpinan artistik dalam hal layanan staf. Dalam layanan publik kepala bagian
ini minta dengar pendapat publik berkenaan dengan bagaimana teknik
danoperasional servis yang dapat memuaskan publik, serta memberikan layanan
cepat pesan melalui komunikasi bebas pulsa atau komunikasi lain dalam bentuk
antaran servis.