Dilihat dari
komoditas yang telah dikembangkan di Sumatra Barat dalam hubungannya dengan kemasan
wisata yang ada dan berkembang di pasar adalah pertunjukan Tari Piring dan Tari
Rantak Kudo lebih proporsional menjadi standar kualitas nilai seninya, kedua
tari tersebut telah banyak diakui oleh banyak kalangan bahwa tari-tarian
tersebut memenuhi standar kualitas nilai seni dan kuantitas pengakuan dari
turis atau wisatawan dari mancanegara.
Para wisman apabila disuguhi tari-tarian
tersebut terutama di wilayah Minangkabau, merasa menjadi bagian dari tatanan di
dalamnya.
Pementasan yang berdurasi singkat, menarik, dan memenuhi harapan diakui
sebagai kemasan wisata yang dapat menjadi ciri dan corak ragam budaya
Minangkabau. Pertunjukan tari-tarian dari Sumatra Barat pada dikemas sesuai
konsumsi produk seni wisata.
Nilai jual ke dua tarian ini mampu memenuhi
standar kualitas pemenuhan penghidupan pelaku seni terutama dalam rangka
memenuhi standar kualitas kehidupannya. Dengan demikian nilai jual dan kualitas
seni kemasannya mampu digunakan sebagai maskot wisata Minangkabau secara
proporsional.