1.
Tari Upacara
Tari jenis ini
perbedaannya ditentukan berdasarkan pada kebutuhan spirit manusia pendukungnya.
Peran yang ada lebih diarahkan untuk pernyataan maksud dari masyarakat yang
bersangkutan. Tari jenis ini lebih dominan untuk mendekatkan pada bentuk
upacara yang sakral.
a.
Tari Adat
Tari Adat
adalah berhubungan pernyataan maksud masyarakat kaitannya dengan peri kehidupan
sosial sehari-hari dari masyarakatnya. Tari upacara adat terkait dengan banyak
macam motif adat yang disakraklan pada penyelenggaraan tertentu dan dalam momen
tertentu pula. Konsekuensi logis yang diyakini meniadakan akibat yang bakal
dilakukan.
Beberapa contoh
Tari Upacara Adat adalah Bedhoyo 5 dan Bedhoyo Ketawang 9 (penobatan Raja
sesuhunan dalem), Gambyong, Karonsih, dan Gatutkoco Gandrung(Adat Perkawinan),
Kuda Lumping, Jatilan (seni tontonan rakyat). Tari jenis ini juga digunakan
untuk prosesi lamaran penang menantu.
Raupe Soran
merupakan tari yang digunakan dalam upacara jelang mengikat perkawinan.
Ngalage, Tayub, Sablang sebagai sara untuk panen akbar atau petik padi.
Tari Sekapur
Sirih untuk penyambutan tamu agung dan tari Rangguk (Jambi) tari untuk
persembahan kepada tamu biasa. Ke 2 tarian tersebut merupakan tari yang lazim
dan banyak terdapat di daerah lain pada kapasitas penyambutan tamu saja.
Bengkulu: tari
Massal Andun, tari Massal Kijjai, tari Gandai, tari Sekapur Sirih, tari Bidadari,
tari Tabot (untuk penyambutan tgl 1 – 10 bulan Muharam)., tari Kain, tari Karan
merupakan tari hiburan Bengkulu selatan ditarikan remaja putri. Tari Keris,
Tari Kikuk.
Lampung
memiliki budaya batas. Posisi geografis sangat menguntungkan. Hal ini
ditengarai adanya transformasi tari dari Jawa ke Lampung. Ini menjadi pijakan
gaya tari tidak dapat dihindari. Tari-tarian yang berkembang di sini antara
lain tari Cangget tari putri dengan repertoar mendemonstrasikan gerakan jari
dengan property Cangget. Ayunan Tangan, Gerakan geser kaki digunakan sebagai
pola komposisi tari Tari Badana tarian pria sebagai ungkapan selamat datang.
Tari Babarau
(Cemeti) digunakan sebagai tari adat untuk melakukan pinangan kepada mempelai
putri dengan property cemeti. Gerak dinamis antara gerak patah-patah pada kaki
dan tangan serta gerak pencak. tari Batin, tari Melinting, tari Lepas. Tari
Arus, Tari Bebe.
Jawa Barat:
Tari Kalana Topeng (Cirebon) adalah tari klasik dari kasunanan cirebon.
Komposisi tari pada tahun 1912 oleh Cik Anggar Resmi. Tari Merak, Tari Topeng,
Tari Capang, Tari Dewi, Tari Doger, , Tari Kandagan, Tari Kembang Puray, Tari
Keris, Tari Ketuk Tilu, Tari Longser, Tari Candra dewi, Tari Keurseus.
Jakarta; Tari
Cokek adalah tarian tradisi Betawi yang terdiri dari Topeng depan, topeng
Cantik, serta Topeng Angga. Tarian ini merupakan bentuk penggambaran karakter
topeng. Tari Blenggo, Tari Ronggeng, Tari Topeng Gong, Tari Ngarojeng, Tari
Gong, Tari Tayub (Nayub). Di Bawah ini Tari Topeng Gong dalam 2 bentuk yakni
Kreasi Baru dan Pertunjukan Topeng serta Garapan Kreasi Baru. Tari Topeng dan
Trunajaya (Bali) tari klasik garapan tari berorientasi dari keraton.
Jawa Tengah:
Tari Srimpi 5, Tari Srimpi 9, tari Bondan, tari Golek, Tari Karonsih, Tari
Lawung, Tari Retnosari, Tari Panji, Tari Saptoretno, Tari Surenglaga, Tari
Bondoyudo, Tari Anoman Kataksini, Tari Bondoboyo, Tari Kridohumangsah, tari
Rantoyo, Tari Menak Koncar, Tari Menak Jinggo Dayun.
Yogyakarta:
tari Bedhoyo, tari Srimpi, tari Golek Lima, adalah tari tradisional Kalsik yang
digunakan untuk upacara tertentu. Pertunjukan tidak sembarang orang dapat
melihat. Tarian ini biasanya terkait dengan upacara ngasung atau jengkar
Sinuwun Dalem (Raja turun keprabon bertemu rakyat di peringgitan). Tari Menak(Klasik)
gaya gerak dengan laku dodok/jongkok. Pergelaran di Pendopo. Konsep dan mode
garapan Langendriyan dan berperan dengan melalui tembang. Tari dll.
Kedua karakter
tari ini adalah gagahan. Gaya tari Yogya lebih menekankan pada angkatan kaki
berciri lurus untuk perpindahan tempat dengan cara merendahkan kaki tumpuan.
Jawa Timur memiliki beberapa khasanah tari seperti Tari Ngremo, Tari Topeng
(Madura), tari Bapong, tari Jejer. Tari Atandak, Tari Embatembat, Tari Emprak
(tari putra/putri berpakaian wanita, pertunjukan secara berkeliling, berperan
seperti Tledek atau Ledek.
Tari Bali
merupakan jenis tari tradisional yang paling ekspresif pada sebagaian banyak
jenis tariannya. Hanya pada jenis tarian upacara saja yang membutuhkan
penghayatan tari berdasarkan situasi fungsi tari dipergelarkan. Pada
tari-tarian Bali unsur ekspresi mata (sledet dan panajam), penghayatan topeng
denga penyesuasian karakternya, serta kebutuhan untuk upacara adat sangat
bergantung situasi tari dipergelarkan.
Tari Bali
merupakan tari tradisional yang didominasi tarian ekspresif. Tari-tarian Bali
merupakan cermin masyarakat Bali yang dinamis. Pernyataan kehendak dan karakter
musik dan tarinya mencerminkan dinamisasi jaman yang terus menerus berkembang.
Hal ini di alami oleh masyarakat Bali.
Nusa Tenggara
Timur memiliki khasanah tari yang antara lain seperti di bawah ini. Tari Lenda
Nusa Malole, Tari Likurai, Tari Padoa, Tari Carana, Tari Soka Papak, Tari Ana
Keka, Tari Bial Tojong, Tari Bidu, Tari Danding, Tari Deda Lolon, Tari Dio doe,
Tari Elilola, Tari Kabana, Tari Kadhi Sago Alu, Tari Kataga tari tradisional
putra yang terdiri dari gerakan hentakan kaki & tangan. Tari Kei dll
Nusa Tenggara
Barat memiliki banyak tarian yang antara lain terdiri dari Tari Udeg, Tari
Gandrung, Tari Nuri, Tari Kanja, Tari Lenggo, Tari Angin Alus, Tari Ayam
Karata, Tari Cilo, Tari Dadara Nesek, Tari Dalata, Tari Katubu.
Sulawesi Utara:
tari Lenso tari berpasangan muda-mudi, ditarikan pada saat pesta dan bulan
purnama. Tari Kabela aalah tari penghormatan tamu agung daerah, dilakukan
kelompok gadis. Tari Maengket, tari Turutenden, tari Kebesaran. Tari Kaka
Lumpang tari hiburan rakyat di SulUt. Tari Kartili tarian hiburan rakyat Sulut.
Sulawesi
Tengah: Tari Dabang adalah tari upacara mengasah gigi, kitanan, serta penobatan
putri masa akil balig. Tari Kandasara adalah tari ritual penghalau setan. tari
Ana Tete, Tari Banggai, tari Ando-ando. Tari Pemontes, tari Maka Anding, Tari
Peule Cindi, Tari Anitu, Tari Arum Piju, Tari Ei-Ei, tari Assay, Tari Basalonde,
Tari Dopalak, Tari Kandai Patangaya, Tari Langko, Tari Luminda dll.
Sulawesi
Tenggara: tari Lense (menceritakan kehidupan laut), tari Linda, tari Lumunse,
tari Mombesara, tari Dinggu, Tari Dero, Tari Kalegoa tari pingitan gadis Sul
Teng, gadis akil balig harus menarikan tari ini. Tari Salonde, Tari Kancara,
Tari Katumbu, Tari Lumanse, tari Mangaro, Tari Modero, Tari Moana, Tari
Modelusi, Tari Moese,Tari Moleba, Tari Morasa, Tari Morengku, Tari Motaro dll.
Tari dari
Sulawesi Selatan terdiri dari Tari Losa-losa, Tari Mak Bandong, Tari Mak
Jekne-jekne, Tari Mak Randing, Tari Maklatu Kopi, Tari Makrencong-rencong, Tari
Maluyya, Tari Malemmo, Tari Manganeng, Tari Mangayo, Tari Mangandak, Tari
Mappacci, Tari Marrelau Pammase Dewata, dll
Kalimantan Timur:
tari Belian adalah tari untuk menyembuhkan orang sakit. Ditarikan pada masa
paceklik, oleh 4 wanita, 1 orang lelaki(pawang). Gerak kaki tangan bebas kadang
berputar seperti gangsing.Tari Anggo, Tari Gantar, tari Perang, tari Hudok,
Tari Belahong, Tari Belaong, Tari Bekuku, Tari Bejo Ujo, Tari Burung Enggang,
Tari Datun dll.
Kalimantan
Selatan: tari Tirik Lalan, tari Japin Sigan, tari Topeng Panji, tari Gandut,
Tari Mantang, Baksa (Ajaran, Tameng,Tumbak),TariBogam, Balian Bukit, Tari
Bogam.
Kalimantan
Tengah: tari Giring-giring, tari Mandau Talawang dan Kapuas, tari Manjuluk
Sipa, tari Kinyah Bawi, tari Boleong Dadah, Tari Tambung, tari Kinyah Pampulu,
Tari Banggai, Tari Badeder, Tari Bahala, Tari Balian Bawo, Tari Bukung, Tari
Kangkurung, Tari Kanjan, Tari Karaenta, Tari Kinyah DanumK Kalimantan Barat:
tari Capin Tari J
Maluku: tari
Caka Lele, tari Lenso, tari Mutiara, Tari Dendang Dilale, Tari Denge-denge,
Tari Dodobol, Tari Maru Putih, Tari Mabileose, Tari Due.
Irian Jaya:
tari Yospan, tari Wor, tari Dombe., Tari Aluyen, Tari Aniri, Tari Aya Nende,
Tari Det Pok Mbui, Tari Dow Mamun, Tari Etol, Tari Kampu, Tari Meitoro Meisawe,Tari Mbis Pok
Mbui, Tari Meto, Tari Ndi, Tari Mooni dll.
b.
Tari Agama
Tari upacara
Agama adalah tari yang diyakini memiliki karismatik khusus, apabila tidak
dilaksanakan akan berdampak kepada peri kehidupan selanjutnya. Tari upacara
agama memiliki tradisi khusus dilaksanakan dalam konteks yang berhubungan
dengan pernyataan penghayatan keagamanan dimana mereka lebih asyik apabila melakukan
dengan penghayatan dalam dan bersifat memuja, mengkultuskan, dan penghayatan
persembahan secara total.
Di bali banyak
tari jenis keagamaan digunakan sebagai pernyataan maksudnya. Tari yang ada
antara lain meliputi tari Pendet, Rangde, Rejang, Keris, Pasraman, Gabor,
Ngaben untuk acara kematian. Daerah Jambi memiliki tari tradisional Sekapur
Sirih (tari untuk penyambutan tamu Agung dan pejabat daerah yang hadir ke
Jambi. Tari tersebut banyak digunakan untuk penyambutan tamu terhormat.
Di sisi lain,
Tari Joget Batanghari adalah tarian berpasangan, biasanya dilakukan sebagai
ungkapan kebahagian bersama, maka tari ini berbentuk tari sosial.Tari Dana
Sarah adalah tari menangkap ikan tari Angguk, tari Depan Tulang Belut, tari
Kipas Perentah, tari Sauh, , tari Gunjing, tari Mandi Taman, Tari Kain, tari
Kelit Lang, tari Kepak Balam dll.
Dalam rangka
pengembangan asset tari untuk kalangan tertentu tari ini dapat dikemas untuk
konsumsi pariwisata. Hal ini dapat dilakukan apabila sepakat untuk tidak
meninggalkan akar budaya tradisi budaya tari ini, mengingat tari ini sudah
banyak dikenal kalangan.