Pembelajaran
seni rupa secara umum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan apresiasi,
ekspresi, dan ketrampilan berkarya. Pada tingkat perkembangan siswa Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) ini, perlu diarahkan pada kemampuan produksi sebagai
persiapan keahlian yang lebih spesifik. Kemampuan yang perlu dikembangkan
antara lain mengola kepekaan rasa, mengembangkan kreatifitas, dan ketrampilan
berkarya sesuai bakat dan minat masing-masing.
Tiga
kompetensi yang diharapkan di miliki oleh siswa SMK adalah:
1. Apresiasi:
a.
Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik serta kepekaan rasa dalam berkarya
seni rupa
b. Menampilkan
apresiasi terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam berkarya seni rupa.
2. Ekspresi:
a. Memiliki
kemampuan dasar berekspresi secara visual
b. Mampu
mengkomunikasikan berbagai ide dan kreativitas
3. Ketrampilan :
a. Merancang
karya seni rupa dengan memanfaatkan beberapa teknik ungkap
b. Membuat karya
seni rupa secara tematik dan pemecahan masalah
c. Menyiapkan
karya seni rupa buatan sendiri (porto folio) untuk pameran dikelas atau
disekolah.
Tujuan
Mata pelajaran
seni rupa untuk SMK bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut:
1. Mampu
mengembangkan pengetahuan dan keterampilan membuat berbagai produk kerajinan
dan produk teknologi yang berguna bagi kehidupan manusia
2. Memiliki rasa
estetika, apresiasi terhadap produk kerajinan, dari berbagai wilayah nusantara.
3. Mampu mengidentifikasi
potensi daerah setempat yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kerajinan.
4. Memiliki sikap professional
dan kewirausahaan
Ruang Lingkup
Mata pelajaran
seni rupa untuk SMK meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1. Ketrampilan
kerajinan
2. Kewirausahaan
Struktur
pengetahuan dalam mata pelajaran seni rupa terdiri dari jenis, bentuk,prosedur
kerja, berproduksi, fungsi kerajinan dan porto folio. Pembelajaran seni rupa
ini berintegrasi dengan mata pelajaran lainnya secara terpadu.