A. Berilah tanda silang (×) pada huruf a, b, c,
atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Ilmu yang
mempelajari tentang keselarasan bunyi disebut ....
a. ritme
b. melodi
c. aransemen
d. harmoni
2. Paduan
beberapa nada yang dimainkan dan terdengar harmonis disebut ....
a. interval
b. enharmonis
c. titinada
d. akor
3. Alat musik
yang dapat digunakan untuk membuat akor, antara lain ....
a. piano
b. rekorder
c. konga
d. triangle
4. Rumus untuk
membuat akor mayor adalah ....
a. alas - terts
kecil - kwint murni
b. alas - terts
kecil - kwint diperkecil
c. alas - terts
besar - kwint diperkecil
d. alas - terts
kecil - kwint murni
5. Apabila
tangga nada G = do, maka tonikanya adalah ....
a. d - fis - a
b. g - b - d
c. c - e - g
d. a - c - e
6. Gubahan lagu
untuk kelompok paduan musik baik secara vokal maupun instrumental disebut ....
a. komposisi
b. aransemen
c. irama
d. soneta
7. Penyajian
musik secara bersama-sama dengan alat musik tertentu dan aransemen sederhana
disebut
....
a. paduan suara
b. orkes string
c. konser
d. ansambel
8. Orang yang
bertugas menata musik disebut ....
a. arranger
b. musisi
c. komponis
d. konduktor
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut
dengan singkat dan tepat!
1. Apakah yang
kalian ketahui tentang ilmu harmoni?
2. Jelaskan pengertian
akor!
3. Apakah yang
dapat kalian deskripsikan tentang aransemen?
4. Sebutkan
jenis-jenis akor!
5. Mengapa seorang
arranger harus mampu menguasai ilmu harmoni?
6. Jelaskan secara
singkat tentang ansambel musik!
7. Sebutkan tiga
komponis Indonesia!
8. Apakah fungsi
alat musik ritmis di dalam kegiatan ansambel musik?
9. Apakah tugas
seorang dirigen di dalam penyajian aransemen vokal?
10. Jelaskan secara
singkat tentang orkestra!