Acuan Penilaian Gerak Tari Klana Topeng

.. Mampu menarikan Bagian Maju Beksan (Gend.Bendrong Laras Pelog Pathet Nem)
.. Mampu menarikan Bagian Maju Gawang (Gend.Laiwung Laras Pelog Pathet Nem)
.. Mampu Menarikan Bagian Beksan (Gend.Pucung Rubuh Laras Pelog Pathet Nem)(Gend.Bendrang Laras Pelog Pathet Nem)
x Mampu menarikan Bagian Kiprahan (Gend.Bendrong Laras Pelog Pathet Nem)
.. Mampu menarikan Bagian Gambyongan (Gend. Eling-Eling Laras Pelog Pathet Nem)
.. Mampu menarikan Bagian Mundur Gawangn (Sampak Laras Pelog Pathet Nem)
x Tari Klana Topeng adalah tari tunggal putra gagah yang memerankan tokoh Klana Sewandana yang menggunakan
poperti topeng memiliki ragam gerak sangat kaya, juga berbagai variasi suasana, termasuk karawtian tarinya. Pada tingkat ini berkaitan dengan penguasaan Hastha Sawanda serta memenuhi konsep sengguh, mungguh, dan lungguh

3.4 Kriteria Unjuk Kerja :

(1) Dihayati dan dijiwainya pola-pola gerak
x jengkeng
x nikelwarti
x sembahan

(2) Dihayati dan dijiwainya pola-pola gerak

x ambil topeng, berdiri, memaki topeng, pacak jangga
x ulap-ulap kiri, trecet, obah bahu, pacak jangga
x lumaksana 4x, besut, tanjak miring kanan
x seblak sampur kiri ulap-ulap kiri
x glebag kanan kebyok sampur kanan, kiri kebyok
x ulap-ulap kiri, trecet, obah bahu, pacak jangga
x lumaksana ombak banyu, srisig, besut, tanjak kanan

(3) Dihayati dan dijiwainya pola-pola gerak :

.. kedua tangan malangkerik, ogek lambung
x ukel miwir busana, genjot
x mlintir brengos 3x, ngracik, genjot, tanjak kanan
x lumaksana 3x, besut, tanjak
x ogek lambung, genjot
x sabetan, pondhongan, besut, tanjak
x lumaksana malangkerik
x pondhongan, besut, menthang kiri
x ogekan, besut, lumaksana
x besut, tanjak bapang, kebat nogowangsul
x bopongan, lumaksana jajag, ombak banyu, besut, tanjak

(4) Dihayati dan dijiwainya pola-pola gerak :

x ogek lambung, ngigel jangga, entragan
x trap jamang, lombo ngracik, entragan
x ngelus bara, entragan
x tumpang tali, ngracik, entragan
x ngracut, ulap-ulap kanan, pondhongan maju, srisig mundur, besut tancep

(5) Dihayati dan dijiwainya pola-pola gerak :

x Kengser, panggel, batangan
x Ogekan lambung, tawing, kengser ukel karna
x Laku telu, nacah
x Kebyok, srisig, tanjak
x Entragan kanan, ulap-ulap kiri, nubruk
x Lampah mundur, besut tanjak, entragan
x Pondhongan maju, mundur, besut, tancep

(6) Dihayati dan dijiwainya pola-pola gerak :

x Kirig, capeng, cancut
x Ombak banyu, srisig, besut tanjak
x Nikelwarti, jengkeng
x Sembahan, gedheg

Persyaratan Unjuk Kerja:

x Tersedianya arena pentas atau ruangan yang digunakan untuk menari
x Tersedianya gendhing iringan tari yang digunakan, baik rekaman kaset atau CD atau penyajian gamelan secara
langsung (live)
x Tersedianya peralatan yang penting yaitu: topeng dengan bantuk tertentu sesuai dengan karakter perannya
x Tersedianya dan dipakainya busana dan rias Tari Klana Topeng untuk mendukung karakter tari yang disajikan

Acuan Penilaian :

x Ketepatan melakukan teknik-teknik gerak, baik teknik gerak tubuh, tungkai, kaki, tangan dan kepala
x Ketepatan melakukan teknik gerak kaki untuk perlaihan gerak dan berpindah tempat
x Ketepatan melakukan arah pandangan mata (polatan)
x Harmonisasi antara gerak penari dengan iringan musik
x Keluwesan gerak yang dilakukan secara mengalir dan alus
x Pengembangan variasi gerak sebagai ekspresi diri penari yang sesuai dengan karakter yang diperagakan
x Penguasan terhadap irama gerak dengan iringan atau karawatian tari
.. Penguasaan melakukan seleh gerak sesuai dengan seleh gendhing
x Memiliki kemampuan dalam menggarap ruang, pola lantai, dan gawang sehingga pertunjukan tarinya terasa lebih hidup
x Memiliki kemampuan menginterpretasikan karakter tari yang disajikan dan menerapkannya dalam pertunjukan tari
x Menjiwai secara menyeluruh karakter tari yang disajikan