Langkah-langkah Menyusun Kreasi Tari

Menyusun sebuah karya tari bukanlah pekerjaan yang sulit. Namun, dalam penyusunan karya tari diperlukan kreativitas dan keuletan.

Perhatikan langkah-langkah penyusunan karya tari berikut ini:

a. Menentukan tema

Tema merupakan sumber pembuatan karya tari. Pada uraian subbab A, kamu telah banyak mempelajari tema tari. Hal terpenting dalam pemilihan sebuah tema, yaitu tema itu harus dapat ditarikan.

b. Eksplorasi gerak tari

Langkah selanjutnya adalah mengeksplorasi berbagai gerak tari. Pada kegiatan ini, penata tari atau penyusun tari mencari gerak-gerak untuk dibuat menjadi gerak-gerak tari yang sesuai dengan tema tarinya. Jika karya tari yang dibuat memerlukan alat untuk melakukan gerak tari, pada saat bereksplorasi juga perlu menggunakan alat. Gerak merupakan unsur utama dalam karya tari. Jika gerak-gerak tari hasil eksplorasi telah disusun menjadi sebuah karya tari, sebaiknya segera berlatih untuk memperagakan.

Dalam berlatih memperagakan gerak tari harus memerhatikan beberapa hal berikut:
1)   Sikap badan dalam melakukan gerak tari.
2)   Kesesuaian gerak dengan iringan tari.
3)   Penghayatan terhadap gerak yang dilakukan.

c. Menyiapkan iringan tari

Iringan tari merupakan unsur pendukung dalam karya tari. Namun, tari tanpa iringan bagaikan sayur tanpa garam. Oleh karena itu, iringan harus dipersiapkan sungguh-sungguh. Untuk membuat iringan tari, biasanya dibantu oleh penata iringan. Penata iringan bertugas membuat iringan tari sesuai dengan kehendak penata tari. Iringan tari harus sesuai dengan tema tari dan gerak-gerak tarinya.

Berikut ini langkah-langkah membuat iringan tari:

1)   Penata tari memberitahukan kepada penata iringan tentang tema tari dan gerak-gerak tari yang telah dibuatnya.
2)   Penata iringan menentukan alat musik yang akan digunakan untuk mengiringi karya tari.
3)   Penata iringan membuat pola iringan untuk membunyikan alat-alat musik sesuai dengan tema tari.
4)   Para pemain musik untuk iringan tari berlatih membunyikan alat-alat musik.
5)   Para penari dan pemain musik menggabungkan antara gerak dan iringan sampai sesuai.

d. Menyiapkan pendukung-pendukung lainnya

Unsur pendukung karya tari ada banyak macamnya, sebagaimana yang sudah kita bicarakan di depan. Dalam penyusunan sebuah karya tari, semua unsur pendukung tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Semuanya harus dipersiapkan secara matang sesuai dengan tema tarinya.