Pengertian dan Macam-macam Jenis Musik Ansambel

Sebelum membuat aransemen vokal, terlebih dahulu harus mengetahui ambitus suara manusia. Ambitus adalah jangkauan suara atau luas wilayah nada yang dapat dicapai seseorang dalam berolah vokal. Wilayah nada manusia tidak melebihi empat oktaf.

Kata ansambel berasal dari bahasa Prancis (ensamble), yang berarti bersama-sama.

Dari kata di atas, musik ansambel diartikan permainan musik secara bersama-sama baik menggunakan alat musik sejenis maupun campuran.

Menurut bentuk penyajiannya, musik ansambel dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut :

a. Musik Ansambel Sejenis

Musik ansambel sejenis, yaitu bentuk penyajian musik yang menggunakan alat musik sejenis. Contohnya, ansambel tiup. Artinya, semua pemain memainkan alat musik tiup.

b. Musik Ansambel Campuran

Musik ansambel campuran, yaitu bentuk penyajian musik yang menggunakan beberapa jenis alat musik. Alat-alat musik yang digunakan ada beraneka macam. Contohnya, rekorder, pianika, gitar, kastanyet, triangle, tamborin, simbal, dan biola.

Alat musik yang sering digunakan dalam ansambel musik sekolah, antara lain rekorder, pianika, gitar, tamborin, triangle, dan kastanyet. Selain alat musik ini terjangkau harganya, juga mudah untuk memainkan lagu-lagu dengan teknik yang sederhana.